Virtual Private Network (VPN)

VPN atau kependekan dari Virtual Private Network adalah suatu metode keamanan jaringan yang digunakan untuk komunikasi secara private melalui jaringan publik dengan menggunakan jalur tunneling. VPN juga dapat didefinisikan sebagai suatu dua grup atau lebih jaringan komputer yang ingin berkomunikasi secara aman melalui jaringan public yang seolah-olah terhubung secara point to point. Setiap data yang melewati jaringan VPN, data akan dilakukan enkapsulasi dan enskripsi sehingga paket data akan aman ketika melewati jaringan public. Proses enkripsi dalam VPN disebut juga tunneling.

Kapankah jaringan VPN dapat dipakai? Di dalam implementasi nya, Virtual Private Network (VPN) biasanya diterapkan pada jaringan yang terpisah secara geografis. Sedangkan dalam segi peralatan membutuhkan investasi yang sangat mahal. Dalam koneksinya VPN hanya menggunakan proses tunneling dan software, sehingga komputer terkoneksi secara logic bukan secara fisik. Beberapa protokol VPN yang digunakan adalah PPTP, L2TP, IPSec, PPTP Over L2TP dan IP in IP.

Konfigurasi VPN secara umum yang dapat diterapkan diantaranya adalah:

1. Remote-Access
     Dengan menggunakan VPN, kita dapat mengkses sebuah komputer atau server yang berada dalam sebuah jaringan lokal lainnya yang terhubung dengan server VPN. Misalnya menggunakan koneksi dial up, mobile maupun dari jaringan rumah atau kantor.



2. Site-to-Site
      Konfigurasi VPN Site-to-Site adalah komunikasi dua buah jaringan perusahan atau kantor yang berbeda secara letak geografis.



Beberapa manfaat dari Virtual Private Network (VPN) adalah:

1. Remote Access

Dengan menggunakan VPN kita dapat mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet public

2. Keamanan

Dengan menggunakan koneksi VPN kita bisa melakukan browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet public. Seperti hotspot atau internet yang ada di kafe-kafe. Setiap data yang mengalir melalui jaringan VPN akan terenkripsi, sehingga setiap penguna VPN bisa mendapatkan rasa aman. Dengan menggunakan VPN, alamat ip public dari koneksi internet yang digunakan juga tidak akan terlihat oleh pengguna lainya di jaringan internet. Alamat IP yang terbaca adalah alamat IP dari server VPN tersebut.

3. Menghemat Biaya Setup Jaringan

VPN juga dapat dipakai sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan local yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karen transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan public yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.

4. Menghindari Pemblokiran Akses Jaringan

Dengan VPN kita juga dapat menghidari pemblokiran terhadap akses jaringan atau website. Karena dalam jaringan VPN menggunakan jaringan tunneling atau private, sehingga akan terhindar dari pemblokiran jaringan

5. Mendapatkan IP Statis

Ketika kita menggunakan jaringan VPN, kita otomatis akan menggunakan IP statis atau tetap, berbeda ketika kita menggunakan jaringan biasa.  

6. Memotong Jalur Akses

     Sebuah koneksi VPN dapat digunakan untuk memperpendek rute jaringan, sehingga dapatkan menurukan latency. Namun demikian, tergantung juga dari kondisi server VPN yang digunakan.


Selain VPN mempunyai beberapa manfaat, VPN juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah:

1. VPN dapat dijadikan sebagai solusi bisaya yang lebih efektif untuk sebuah organisasi perusahaan atau bisnis yang cukup besar dengan fasilitas jaringan komputer khusus.

2. Dapat meningkatkan mobilitas dari suatu organisasi atau bisnis yaitu dengan langsung menghubungkan ke jaringan rumah atau para pegawai yang mobile pada organisasi tersebut. Serta VPN dapat menyesuaikan dengan fitur keamanan yang ada.

Selain VPN mempunyai kelebihan, VPN juga mempunyai beberapa kelemahan yaitu: “Karena penyediaan akses ke pegawai secara global, factor keamanan juga menjadi suatu resiko. Hal tersebut dapatkan menempatkan informasi yang sensitive dari organisasi ataupun perusahaan dapat diakses secara global. Kenapa demikian? Karena dengan menggunakan jaringan VPN memerlukan perhatian yang lebih untuk penetapan sistem keamanan yang cukup baik dan jelas.” 

No comments for "Virtual Private Network (VPN)"

Berlangganan via Email