Pelatihan Jualan Online Menggunakan Sosial Media Kepada Pelaku Usaha Kecil Dusun Bukit Lintang Desa Laboi Jaya, Seperti Apa?

Dusun Bukit Lintang merupakah salah satu dusun yang berada di Desa Laboi Jaya, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten  Kampar, Provinsi Riau. Salah satu komoditi utama dari Desa Laboi Jaya adalah Kelapa Sawit. Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi, masyarakat tidak hanya berkangku tangan kepada hasil Kelapa Sawit. Salah satu penghasilan lainnya yaitu dengan membuat Usaha Kecil.

Perkembangan Usaha Kecil di Desa Laboi Jaya khususnya di Dusun Bukit Lintang sudah berkembangan cukup bagus dengan ditambah teknologi internet. Tetapi masih kurangnya dalam pemanfaatan sosial media untuk berjualan secara online atau memasarkan produk usahanya. 

Hal ini membuat Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Lancang Kuning terjun untuk memberikan pelatihan pemanfaatan media sosial kepada pelaku usaha kecil. 

Adapun Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Lancang Kuning yaitu Guntoro, S.T., M.Kom, Loneli Costaner, M.Kom, dan Bayu Febriadi, M.Kom

Ketua Tim PKM, Guntoro,  S.T., M.Kom mengungkapkan bahwa, UMKM yang ada di Dusun Bukit Lintang, Desa Laboi Jaya perlu diberikan pelatihan dalam pemasaran produk atau berjualan secara online dengan memanfaatkan media sosial, khususnya facebook. 

Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 September 2020. Adapun tahapan kegiatan pelatihan ini yang pertama adalah melakukan sosialisasi terkait adanya acara pelatihan tersebut. 

Tahapan kedua adalah melakukan koordinasi dengan Kepala Dusun Bukit Lintang, Bapak Warisno. Tahapan ketiga adalah pelaksanaan pelatihan. 

Sebelum acara pelatihan dimulai, peserta pelatihan diberikan kuisioner. kuisioner ini diberikan untuk mengetahuai pemahaman dari para peserta.

Tahapan keempat adalah pembukaan yang dibuka oleh Bapak Guntoro S.T., M.Kom sebagai Ketua PKM. Tahapan kelima adalah penyampaian materi yang disampaikan oleh Bapak Loneli Costaner, M.Kom 

Penyampaian materi ini disampaikan secara online, dengan menggunakan Aplikasi Zoom. Adapun materi yang disampaikan adalah peluang-peluang usaha untuk berjualan online, pemanfaatan media sosial facebook dan whatsapp untuk berjualan online. 

Manfaat dari pelatihan ini adalah peserta semakin yakin, termotivasi untuk melakukan berjualan secara online dengan memanfaatkan media sosial. 

Diakhir pelatihan peserta juga diberikan kuisioner untuk mengetahui tingkat pemahaman setelah dilakukan pelatihan. Selanjutnya berfoto bersama dengan peserta. 

No comments for "Pelatihan Jualan Online Menggunakan Sosial Media Kepada Pelaku Usaha Kecil Dusun Bukit Lintang Desa Laboi Jaya, Seperti Apa?"