PELATIHAN EKTRAKURIKULER SISWA DENGAN MULTIMEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE OLEH DOSEN FASILKOM UNILAK

 
Sekolah tempat untuk menimba ilmu, pembelajaran siswa dan siswi senantiasa terikat dengan kurikulum yang berlaku. Pembelaran disekola tentu sudah memiliki rumusan tujuan masing masing sesuai dengan program sekolah. Dierah teknologi seperti saat ini tentu sangat membutuhkan sarana keterampilan guna mengimbangi tujuan pendidikan yang hendak dicapai. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan memanfaatka program ekrakurikuler bidang teknologi.


Dengan demikian salah satu Lembaga Pendidikan dipekanbaru yaitu Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UNILAK sebuah lembaga pendidikan yang turut andil dan aktif untuk memberikan pelatihan pelatihan kepada masyarakat tentang pemanfaatan teknologi menjadi lebih berdaya guna. Salah satu tim dosen telah melaksanakan tridarma perguruan tinggi yaitu kegiatan pengabdian masyarakat kepada sekolah menengah atas smart.Pelatihan yang dilakukan di ruang labor sekolah tersebut berupa melatih keterampilan multimedia videoscribe, dilakukan oleh tim Fakultas ilmu komputer UNILAK yang di ketuai oleh Bapak Loneli Costaner, M.Kom beserta tim Bapak Guntoro, M.Kom dan Ibu Lisnawita, M.Kom. dimana pelatihan ini ditujukan kepada siswa dan siswi sekolah serta intruktur labor komputer.

Pada dasarnya pelatihan ini bagian dari implementasi keilmuan teknologi kepada sekolah yang menjadi mitra guna meningkatkan kreatifitas keterampilan saat ini, sehingga mereka dapat mengupgrade wawasan terhadap teknologi yang semakin menggurita sebagai salah satu keterampilan untuk menghadapi tantangan masa depan. Dengan pelatihan keterampilan ini tentu akan membekali siswa siswi dalam memahami dunia teknologi multimedia sehingga dapat berkontribusi untuk bangsa dan Negara dengan pengalaman nya setelah usai sekolah.

Materi kegiatan pelatihan terangkum dalam modul yang sudah disiapkan oleh tim pelaksana, diawal kegiatan dilakukan pembukaan, kemudian  membuka videoscribe, kemudian memberikan pemahaman pentingnya pembelajaran multimedia videoscribe, peserta dipahamkan berkenaan denagn komponen kompoen videoscribe. Diakhir sesi pelatihan peserta diminta untuk mengisi form evaluasi posttest yang sudah disiapkan oleh tim.

Proses pelatihan dasar ini dilaksanakan disekolah smart Indonesia pada bulan juni 2022, mulai pukul 07.30 sd jam 12.00, dimana peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan pelatihan ini, tampak dari partisipatif peserta dengan  mengikuti langkah demi langkah pelatihan dengan baik dan benar hingga selesai.

 Diakhir pelatihan tim pelaksana memberikan motivasi agar senantiasa mengupgrade ilmu sebagai sarana menghadapi tantnagan dalam dunia teknologi. Selain itu harapan tim pengabdian dengan adanya pelatihan ini semoga ketermapilan ini dapat menambah referensi sekolah dalam membuat kegiatan ektrakurikuler disekolah dibidang teknologi informasi dan komunikasi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url