Perbandingan Kecepatan Jaringan 2G, 3G dan 4G LTE

Kali ini saya akan menjelaskan perbandingan kecepatan koneksi internet GPRS (2G), EDGE (2.75G), 3G (WCDMA, HSPA) dan 4G (LTE, LTE Advanced) di Indonesia baik secara Teknis maupun secara real di lapangan.

Baik, untuk lebih jelasnya kita lihat tabel dibawah ini:

Source : androidauthority.com

Dari tabel di atas kita dapat melihat kecepatan internet yang kita pakai. Secara teori dan teknis akan sangat jauh berbeda. Berdasarkan pengalaman di lapangan kecepatan adalah sebagai berikut: 

Sinyal 2G kecepatan Download sekitar 10 - 24 KB/s, Upload 2 - 15 KB/s
Sinyal 3G kecepatan Download sekitar 24 - 1 MB/s, Upload 20 - 512 KB/s
Sinyal 4G kecepatan Download sekitar 500 KB - 4 MB/s, Upload 256 - 1 MB/s

Kecepatan data transfer akan berbeda tiap lokasi maupun daerah. Karena akan tergantung dari sinyal, perangkat yang dipakai, cuaca dan lain sebagainya. 

Jadi untuk kita ketahui semua, bahwa kecepatan yang ditawarkan adalah Mbps bukan MBps. Karena kedua satuan ini sangatlah berbeda. 
MBps ( MegaByte per Second) sedangkan Mbps (MegaBite Per Second) 

Jadi secara real network atau ketika kita sedang melakukan browsing maupun download, satuan ukuran yang dipakai adalah Byte, KBps, MBps dan bukan Mbps. 

Untuk itulah kenapa antara sinyal 2G, 3G, dan 4G sangat jauh berbeda dalam pemakaian kuota. Berdasarkan pengalaman saya, penggunaan 3G lebih hemat ketimbang sinyal 4G. Karena kedua sinyal ini berbeda dengan kecepatan data transfernya. 

Jadi bagi anda yang menggunakan sinyal 4G bisa menggunakan aplikasi penghemat kuota agar tidak cepat terkuras. 

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan. terima kasih. 

No comments for "Perbandingan Kecepatan Jaringan 2G, 3G dan 4G LTE "

Berlangganan via Email