Traceroute



Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditamp lkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.

a. ICMP (Internet Control Message Protocol)
Yaitu suatu protocol yang memiliki fungsi :
memberitahukan jika ada paket yang tidak sampai ke tujuan. memberitahukan pengirim jika memory buffer di router penuh untuk memberitahu pengirim bahwa paket telah melewati jumlah hop maksimum dan akan diabaikan.
redirect paket dari gateway ke host.
ping menggunakan ICMP echo untuk memeriksa hubungan. Ada dua tipe pesan yang dapat dihasilkan ICMP :

  1. ICMP Error Message (dihasilkan jika terjadi kesalahan jaringan)
  2. ICMP Query Message (dihasilkan jika pengirim paket mengirimkan informasi tertentu yang berkaitan dengan kondisi jaringan.
ICMP Error Message dibagi menjadi beberapa jenis :

1. Destination Unreachable, dihasilkan oleh router jika pengirim paket mengalami kegagalan akibat masalah putusnya jalur baik secara fisik maupun logic. Destination Unreacheable dibagi lagi menjadi beberapa jenis :

  • Network Unreacheable, jika jaringan tujuan tak dapat dihubungi
  • Host Unreacheable, jika host tujuan tak bisa dihubungi
  • Protocol At Destination is Unreacheable, jika di tujuan tak tersedia protokol tersebut.
  • Destination Host is Unknown, jika host tujuan tidak diketahui
  • Destination Network is Unknown, jika network tujuan tidak diketahui
2. Time Exceeded, dikirimkan jika isi field TTL dalam paket IP sudah habis dan paket belum juga sampai ke tujuannya. Tiap kali sebuah paket IP melewati satu router, nilai TTL dalam paket tsb, dikurangi satu. TTL ini diterapkan untuk mencegah timbulnya paket IP yang terus menerus berputar-putar di network karena suatu kesalahan tertentu. Sehingga menghabiskan sumber sumber daya yang ada .
Field TTL juga digunakan oleh program traceroute untuk melacak jalannya paket dari satu host ke host lain. Program traceroute dapat melakukan pelacakan rute berjalannya IP dengan cara mengirimkan paket kecil UDP ke IP tujuan, dengan TTL yang di set membesar.

b. Time to Live
TTL (time-to-live) adalah bagian 8-bit yang digunakan pengirim untuk menginisialisasi beberapa nilai. Nilai awal yang akan direkomendasikan ditentukan dalam nomor RFC ditetapkan dan saat ini yaitu 64. Sistem lama sering akan menginisialisasi ke 15 atau 32.

Berlangganan via Email