Orang yang Cerdas Menurut Islam


Assalamu'alaikum wr.wb

Orang yang cerdas. Jika ditanya tentang orang yang cerdas, pasti dibenak kita akan berfikir bahwa yang cerdas adalah orang yang pintar dalam akademisi,  pintar matematika, pintar fisika, orang yang memiliki IQ diatas rata-rata ataupun orang yang mampu menemukan penemuan baru. Kalau di indonesia, jika ditanya siapa yang paling cerdas, pasti akan menjawab yaitu Bapak BJ Habibie. Kenapa beliau, karena beliau adalah orang yang memiliki IQ tinggi. 

Lalu apakah itu yang disebut orang cerdas ? Ya benar menurut pemikiran orang awam. Tapi berbeda menurut Nabi kita Muhammad SAW. Nabi suatu hari pernah ditanya, Siapakah  orang yang paling cerdas ? Ternyata jawaban beliau bukan orang yang memiliki IQ tinggi, bukan pula yang berpendidikan tinggi bahkan profesor bukan pula orang yang memiliki banyak prestasi. Lalu apa jawaban itu ! 

Di dalam hadits riwayat HR Ibnu Majah, Tabrani dan  Al Haitsamiy, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda 


Dari Ibnu Umar RA berkata, “Suatu hari aku duduk bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba datang seorang lelaki dari kalangan Anshar, kemudian ia mengucapkan salam kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan bertanya, Wahai Rasulullah, siapakah orang mukmin yang paling utama? Rasulullah menjawab, “Yang paling baik akhlaqnya”. Kemudian ia bertanya lagi, “Siapakah orang mukmin yang paling cerdas?”.  Beliau menjawab, “Yang paling banyak ingat mati kemudian yang paling  baik dalam mempersiapkan kematian tersebut, itulah orang yang paling cerdas.”

No comments for "Orang yang Cerdas Menurut Islam"

Berlangganan via Email